Wisata ke Monumen Kapal Selam Surabaya, Kerennya KRI Pasopati 410


Memiliki agenda liburan di akhir pekan jangan lewatkan tempat wisata di Surabaya yang satu ini yaitu berkunjung ke monumen kapal selam KRI Pasopati 410, museum yang terletak di pusat kota ini dahulunya merupakan salah satu kapal selam yang digunakan Angkatan Laut RI, dimana pernah dilibatkan dalam pertempuran di laut Aru untuk membebaskan kawasan Irian Barat dari tangan Belanda.

Setelah itu kapal selam KRI Pasopati 410 buatan Uni Soviet pada tahun 1952 ini dibawa ke darat dan akhirnya hingga saat ini menjadi sebuah monumen bersejarah, letak kapal selam ini ada di jalan Pemuda tepat di sebelah Plaza Surabaya. Pada saat akan dibawa ke daratan, kapal selam ini tidak dalam kondisi utuh, untuk bisa bersandar di daratan seperti saat ini, kapal ini harus di potong terlebih dahulu menjadi 16 bagian, kemudian dirakit kembali dan dijadikan monumen.

Terdapat tujuh ruangan yang bisa pengunjung jelajahi dalam kapal selam ini, dimana ruangan pertama digunakan sebagai ruang penyimpanan torpedo dan juga kerap digunakan sebagai ruangan untuk para awal beristirahat. Kemudian ruang kedua, disana difungsikan sebagai ruang makan dan ruang kerja bagi para perwira. Beralih ke ruang ketiga, digunakan sebagai pusat informasi, termasuk pusat kegiatan tempur dan pengoprasian kapal dimana terdapat periskop yang digunakan untuk melihat kondisi sekitar kala berlayar di dalam laut.


Untuk ruangan keempat, merupakan sebuah ruangan yang digunakan sebagai dapur. Kemudian ruangan kelima dan ruang keenama untuk tempat mesin berada dan juga ruang kelistrikan berada di ruang tersebut. Sedangkan ruangan ketujuh, ruangan untuk torpedo buritan, disana tersapat dua buag torpedo yang difungsikan sebagai alat penyerangan dan penghindaran. Dan secara keseluruhan panjang kapal selam ini adalah 76,6 meter dengan lebar 6,30 meter, yang mana mampu menampung 63 awak kapal.

Untuk bisa menjelajah setiap ruangan yang ada di kapal selam KRI Pasopati 410 ini, pengunjung terlebih dahulu harus membaya tiket masuk sekitar Rp 5.000 per orangnya. Sebagai kapal selam yang memiliki history yang berharga, pada tempat monument ini terdapat sebuah pemutaran film, yang menampilkan cuplikan proses peperangan yang terjadi di laut Aru kala itu.

By : Wisata Surabaya - Informasi tempat wisata di Kota Surabaya

HTML5 Selamat Menikmati Wisata Surabaya

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 comments:

Post a Comment