Datang ke Surabaya, 5 Makanan Khas Kota Pahlawan Ini Harus Anda Coba

Anda sedang merencanakan liburan ke Surabaya?. Ataukah anda sedang berada di Surabaya .Selain dikenal sebagai kota pahlawan, Surabaya juga dikenal sebagai “surga” wisata kuliner. Begitu banyak tempat makanan di kota ini. Tidak pas rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan khas dari daerah tersebut, maka dari itu bagi anda yang mencari info kuliner di Surabaya, berikut infomasi yang bisa membantu anda :



a. Rujak Cingur
Tak lengkap rasanya, berkunjung ke Surabaya tanpa mencicipi makanan khas yang satu ini. Makanan yang terdiri dari lontong, tahu, tempe, cingur, irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, mangga muda, krai (sejenis ketimun khas Surabaya), buah bengkoang dan nanas serta tak ketinggalan beberapa jenis sayur-mayur seperti kecambah/tauge, kangkung, dan kacang panjang.
Makanan ini dinamai rujak cingur karena bumbu yang digunakan adalah campuran petis udang dan cingur. Bumbu inilah yang digunakan untuk mencampur semua bahan-bahan di atas. Menikmati seporsi rujak cingur akan lebih sempurna bila disertai dengan kerupuk.
Untuk melestarikan makanan khas ini, pada rangkaian Hari Ulang Tahun Kota Surabaya setiap Mei, selalu diadakan Festival Rujak Cingur.

b. Lontong Balap
Lontong  balap    termasuk  makanan khas Surabaya yang banyak  disukai warga Surabaya maupun luar Surabaya.  Di  dalamnya  terdapat beberapa  potong  lontong,  lentho (perkedel dari  singkong  dan  kacang  tanah  yang digoreng),  tahu  goreng  kering,  dan  taoge yang  disiram  dengan  kuah.  Sajian  Lontong Balap ini biasanya dipadukan dengan sate kerang. Sate kerang ini,  dibuat  dari kerang  yang  direbus  kemudian  disajikan menyerupai sate.
Mengapa disebut  lontong  balap…???  Konon katanya, nama  ini  muncul  karena  gaya  jualan pedagang  di  masa  lalu.  Saat  jualan mereka  menggunakan  pikulan  besar  yang menampung dua kuali tanah liat. Berat dipikul, si pedagang mempercepat perjalanan, seolah saling berbalapan.
Namun saat ini jarang ditemui penjual lontong balap yang pikulan. Beberapa penjual Lontong balap memilih menetap untuk berjualan di suatu tempat seperti di Jl. Kranggan dan yang tidak menetap memilih memakai “rombong”.

c. Sate Kelapa

Salah satu menu kuliner andalan kota Surabaya adalah sate kelapa Ondomohen. Sate Kelapa ini terletak di Jl. Walikota Mustajab. Terdiri dari potongan daging lulur dalam yang sudah dipisahkan dari otot-ototnya, sehingga ketika disantap tidak begitu liat atau susah dikunyah. Setelah itu barulah sate ini ditaburi parutan kelapa diatasnya sebelum dibakar.
Aroma bumbu dan kelapa inilah yang membuat aroma sate menjadi harum. Sepotong gajih (lemak) yang menyelinap di antara 3 potong daging disertai serundeng menambah gurihnya sate ini. Dengan ditimpali sedikit rasa manis dari bumbu kacang yang halus dan kecap, sate ini menjadi sajian yang mantap. Sate ini bisa dimakan dengan nasi maupun lontong.

d. Semanggi Suroboyo
Penasaran  ingin  makan  semanggi...?  Harap bersabar,  sebab  makanan  ini  susah-susah gampang dicari. Lebih banyak dijajakan keliling di pagi sampai siang hari. Pagi hari, biasanya para penjual  ini berkumpul  sebelum akhirnya berpencar  berjualan  keluar masuk  kampung. Bakul  pecel  semanggi  rata-rata  berasal  dari  satu tempat, yaitu Desa Kandangan, Kecamatan Benowo, Surabaya. Dua tempat yang dijadikan “pos” di pagi hari, adalah pinggir jalan Kupang Praupan  dan  di  jalan  Rajawali.
Penjualnya gampang dikenali, karena mereka mengenakan jarit dan  selendang  untuk  memanggul semanggi. Semanggi Suroboyo  terdiri dari dua macam  sayuran  yaitu  daun  semanggi dan kecambah  yang  direbus,  disajikan  bersama  campuran petis dan bumbunya khas yang merupakan  perpaduan  dari  ketela  rambat, kacang tanah dan gula merah, serta dilengkapi kerupuk puli.

e. Lontong Kupang

Lontong kupang adalah makanan khas di sekitar kawasan pantai Surabaya.  Makanan ini terdiri dari lontong dan kuah bercampur kupang (sejenis tiram/kerang kecil) yang disajikan dengan olahan cabai sesuai dengan keinginan pembeli. Makanan ini dijajakan dengan dipikul oleh penjajanya ke seluruh pelosok kota Surabaya. Saat ini, lontong kupang ini juga dapat ditemui di beberapa Pujasera di Kota Surabaya.

Sumber : dinas kebudayaan dan pariwisata surabaya

By : Wisata Surabaya - Informasi tempat wisata di Kota Surabaya

HTML5 Selamat Menikmati Wisata Surabaya

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 comments:

Post a Comment